Peran Mahasiswa Dalam Politik


Diskusi KMSY
Diskusi KMSY
 Mengawali perbincangan mengenai diskursus sumbangsih serta peran mahasiswa sebagai agent of chenge and social control terhadap sebuah ruang suci yang bernama politik. Berbicara tentang mahasiswa tentu  berbicara tentang diri sendiri mahasiswa bukan sekedar nama akan tetapi mahasiswa adalah sebuah sifat suci yang wajib dimiliki oleh seorang pemuda.
Yang perlu kita lurusi terlebih dahulu mengnai mahasiswa, yakni seorang dianggap mahasiswa bukan karena ia sebagai murid yang duduk di bangku kuliah itu hanyalah bentuk formal saja. Akan tetapi mahasiswa secara ontolog (hakekat) adalah seorang pemuda yang senantitiasa memikil tanggung  jawab terhadap lingkungannya sebagai agen pranata sosial dan agen perubahan dalam rangka regenerasi kehidupan (iron stock).

Jadi sekalilagi mahasiswa bukanlah sebuah nama tapi mahasiswa adalah sifat yang melekat untuk seorang pemuda. Sama halnya dengan seorang pemuda, pemuda tidak berbicara angka usia tidak pula berbicara soal raut wajah sudah keriput atau tidak masih kencang atau tidak akan tetapi pemuda adalah jiwa yang tak lekang oleh waktu dan tak tergusur oleh ruang akan tetapi pemuda adalah jiwa revolusioner yang senantiasa memiliki komitmen dalam dirinya untuk menolak kempamapan agar dialektika kehidupan terus berlanjut demi terwujudnya suatu oase kehidupan yang dicita citakan.
Setriap orang berkesempatan menjadi mahasiswa dan pemuda  tanpa harus memandang gender ras suku agama dan lain semacamnya karena setiap orang berkesempatan untuk masuk keruang ruang tersebut dan jiwa pemuda dan mahasiswa tidak akan perenah luntur dalam benak meskipun secara jasad dia sudah bersemayam dalam tanah selama jiwa yang dimiliki tetap jiwa jiwa seorang revolusiner meski harus berteriak dalam kubur.
Secara sekilas begitu mulianya peran mahasiswa dalam segala aspek termasuk dalam politik. Baik politik yang dimainkan adalah politik kebangsaan dan politik praktis keduaduanya mahasiswa memilikki peran vital baik terjun langsung maupun sebatas mengawal dan menjadi mitra kritik para pelakon politik.
Diskusi KMSY
Diskusi KMSY
Politik adalah hal yang sangat mengundang amarah dan dan rentan mengundang perpecahan. Entah kondisi seperti ini kenapa yang taimpil klepermukaan dalam politik. Segala sesuatu memang mengandung hitam dan putihnya masing masing aknb tetapi yang sering dtemukan dalam dunia politik adalah corak hitam yang sering ditorehkan oleh pelakon politik sehingga masyarakat terjebak pada realitas ini sehingga berparadig bahwa dunia politik adalah ruang yang hitam dan kotor.
Defenisi yang sering kita temukan mengani politik adalah cara/seni dalam mencapi suatu hal yang ingin kita capai/cita citakan. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh pemerhati sosial dulu yaitu ariestotales bahwa manusia itu adalah zoon politicon bahwa manusia adalah makhluk politik. Manusia membutuhkan manusia yang lain dalam mencapai apa yang manusia cita citakan yakni dapat berupa kedamain ketentraman dan seperangkat nilai yang disepakati sebelumnya untuk dicapai. Mustahil rasanya seorang mendapatkan apa yang ia  inginkan tanpa adanya unsur bantuan dari manusia lainnya. Adanya kongsi dan perserikatan inilah menurut aristotales kemudian diperlukan sebuah perserikatan manusia yang mengatur dan berfikir untuk kepentingan manusia secara menyeluruh dalam mencapai sebuah kesejahteraan yang dewasa ini kita sebut sebagai negara. Artinya kelompok manusia tersebut didalam mengatur manusia yangblainnya dalam petrihal menciptakan serbuah kesejahteraan harus berkuasa terlebih dahulu untuk memimipin sebuah negara tersebut dan semua anggota negara diwajibkan untuk taat dan tunduk kepada negara tersebut.
Berangkat dari pada itu semua dewasa ini telah berdiri sebuah negara yang berkuasa dalam rangka mensejahterkan dan memberikan reasa aman kepada manusia yang lainnya. Proses dari pada ini semua dari sebelum berkuasa hingga berkuasa dalam memberikan sebuah kebijakan kebijakan publik dinamakan dengan politik.
Mulianya proses politik inilah sehingga kita tidak boleh menafiakn bahwa orang yang harus terjun dalam dunia politik juga harus memiliki jiwa mulia pula. Karena jika tidak  sama halnya menggiring dan membiarkan bangsa ini masuk dalam neraka. Bagaimana tidak proses politik seperti itu yang menentukan kebijakan kebijakan publik sangat berpengaruh terhadap kondisi kehidupan bangsa.
Pada persoalannya sekarang adalah orang yang terjun kedalam politik untuk berkuasa tidak menggunakan kekuasaanya untuk kepentingan bangsa akan tetapi keakuasaan yang diberiakan itu digunakan untuk kepentingan diri sendiri maupun hanya untuk kelompoknya sendiri. Hal seperti ini tidak hanya dalam satu atau dua tempat akan tetapi hampir merata dalam setiap komponen komponen negara sehingga masyarakat sudah berparadig bahwa mereka hanya dijadiakan tumbal politik atas kekuasaan mereka sendiri tanpa rakyat memiliki outpuut yang kreditebel atas sumbangsih politik yang mereka lakukakn sehingga rakyat sudah tak peduli dan apatis terhadap politik.
Diskusi KMSY
Diskusi KMSY
Disintegrasi dan disorientasi tentang politik yang terjadi ditengah masyarkat  sehingga masyarakat tidak mau tahu menahu dan cendrung politis inilah yang perlu kiranya untuk di perbaiki oleh semua kalangan terutamantya mahasiswa sebagai kaum akademis untuk memperbaiki dan memastikan hal ini tak terjadi dan mengunah paradigma masyarakat bukan politik dan tak perlu untuk dianggap sebelah mata dan melainkan menyeleksi secara ketat siapa yang harus menjadi pelakon politik.
Selaku masyarkat akademis mahsiswa memiliki peran vital dalam mesingkron kan dunia realitas dengan dunia idea. Tugas tugas kemanusiaan harus tetap dijalankan dan mahasiswa tidak boleh menjadi sampah sampah yang tertunda artinya ketika seorang mahasiswa memiliki kekuasaan didalam mengabdi kepada rakyat tidak boleh menambah kekacuan yang ada yakni harus benar benar memperaktekkan atas keimuan dan jiwa kepemudaan yang ia miliki.
Salam jari tengah mahasiswa! Mahasiswa dapat menjadi angin segar atas kondisi politik yang ada untuk memperbaiki akan tetapi mahasiswa juga rentan hanya menjadi sampah yang tartunda dikarenakan dirinya dalah mahasswa gadungan yang tak mengnal dan siap dirinya orang seperti itulah embrio embrio bajingan yang akan lahir untuk menambah sengsara rakyat. Mereka tak menganal siapa lawan mereka sebab musuhnya sudah bersemayam dalam jiwanya. Fuck mahasiswa jiwamu sedang dinanti pilihannya hanya dua menjadi kesatria atas realiatas atau menjadi embrio bajingan sampah masyarakat. Fuck fuck fuck salam jari tengah.
Diskusi KMSY
Diskusi KMSY
By: Rizki Maulana Hakim
Diberdayakan oleh Blogger.